Menanti Putra Mahkota Jokowi Berdebat

Jakarta – Antusiasme masyarakat tinggi menyambut debat calon wakil presiden (cawapres) 2024, terutama dengan partisipasi dari Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi sendiri memberikan respons santai terhadap pertanyaan wartawan mengenai agenda debat yang akan berlangsung malam ini, Jumat (22/12/2023).

Dalam Economic Outlook 2024 yang diadakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Kamis (22/12/2023),

Jokowi mengatakan, “Yang mau debat ya silakan debat,” tanpa memberikan masukan khusus untuk putranya, Gibran, yang akan berpartisipasi dalam debat cawapres.

Meskipun Jokowi mengaku belum pernah bertemu langsung dengan Gibran, namun ia menegaskan bahwa tidak ada permintaan doa khusus dari putranya menjelang debat.

“Enggak, enggak, wejangan apa sih, debat ya debat gitu aja,” ungkap Jokowi dengan santai.

Rencananya, Jokowi akan menyaksikan debat melalui televisi dan berharap agar debat tersebut berlangsung meriah.

Baca juga: 4 Tokoh Ini Ungkap Kekecewaannya terhadap Presiden Jokowi

“Nontonnya di rumah, ya bisa di Jakarta bisa di Bogor, bisa di Solo,” tutur Jokowi.

Selain itu, menurut Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, malam ini menjadi ‘moment of the truth’ bagi Gibran untuk membuktikan relevansinya dalam dunia politik.

“Selama ini kan Mas Gibran dipersepsikan enggak terlampau mau berdialog dengan publik. Diundang mahasiswa, diundang kampus, ataupun sejumlah ormas memang kan kehadirannya tidak terlampau tampak,” ujar Adi dalam program Kompas Petang, Jumat (22/12/2023).

“Oleh karena itu ini adalah satu panggung dan forum yang saya kira sebagai ‘moment of the truth’ bagi Mas Gibran untuk membuktikan bahwa Mas Gibran bukan sosok yang layak tidak diperhitungkan dalam konteks ini,” tutur Adi.

Adi menekankan bahwa argumentasi yang menyatakan Gibran enggan berdialog dengan kalangan kampus atau masyarakat karena bukan dilaksanakan oleh KPU menjadikan debat ini sangat dinanti sebagai wadah bagi Gibran untuk membuktikan dirinya.

“Oleh karena itu tentu malam ini yang paling banyak ditunggu perdebatannya adalah Mas Gibran Rakabuming Raka,” pungkasnya.

Diketahui, debat cawapres antara Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

Debat ini, akan fokus pada isu ekonomi, termasuk ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, dan pengelolaan APBN-APBD. Sehingga, masyarakat sangat menantikan penampilan Gibran, yang sebelumnya jarang terlibat dalam dialog dengan publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *