Menggali Keutamaan Surah Al Fath di Bulan Ramadhan

Dalam bulan suci Ramadhan, amalan membaca surat Al Fath ayat 1-29 dalam Al-Qur’an menjadi sangat populer di kalangan pesantren. Anjuran ini bukanlah tanpa dasar, karena datang langsung dari petunjuk Rasulullah SAW. Nabi SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca surah Al Fath pada awal Ramadhan, mengisyaratkan keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam surah tersebut.

Keutamaan Surah Al Fath dalam Riwayat Hadits

Salah satu riwayat hadits menggambarkan kegembiraan Rasulullah SAW saat turunnya ayat pertama surah Al Fath.

Beliau menyatakan cintanya yang mendalam terhadap surah tersebut, mengungkapkan, “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surah, surah itu benar-benar lebih aku cintai dari seluruh apa yang tersinari oleh cahaya matahari” (HR Bukhari).

Surah Al Fath juga memiliki kenangan tersendiri, di mana Nabi SAW membacanya berulang kali saat penaklukan Kota Makkah. Abdullah bin Mugaffal RA menyaksikan momen bersejarah ini, “Aku melihat Rasulullah pada hari penaklukan Kota Makkah (Fathu Makkah) membaca surah Al Fath dan mengulanginya” (HR Bukhari).

Keutamaan Surah Al Fath

Dikutip dari buku “Rahasia Puasa Ramadhan” oleh Yasin T AL Jibouri dkk, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk mengamalkan surah Al Fath dalam ibadah sunnah dua rakaat pada awal Ramadhan.

Baca juga: Menyambut Bulan Suci Ramadhan: Persiapan dan Amalan Sebagai Umat Islam

Amalan ini membawa keberkahan, di mana siapa pun yang menunaikan salat sunah dua rakaat dengan membaca surah Al Fatihah dan Al Fath pada rakaat pertama serta surah apa pun pada rakaat kedua, akan mendapatkan perlindungan dari Allah selama setahun penuh.

Pesan Kemenangan dalam Surah Al Fath

Surah Al Fath mengandung pesan kemenangan, turun setelah perjanjian Hudaibiyah antara Nabi Muhammad SAW dan kaum Quraisy di Madinah. Allah Azza Wa Jalla memberikan anugerah kemenangan kepada Nabi SAW dan umat Islam.

Sebagaimana disampaikan oleh Sayyidina Abdullah Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Telah diturunkan kepadaku semalam akan satu surah yang lebih kukasihi daripada segala apa yang terbit matahari atasnya, dan dianjurkan agar dibaca pada awal malam bulan Ramadhan. Maka bacalah dan ajarkan kepada anak-anak kalian, insyaAllah mereka tidak akan ditimpa kesusahan.”

Kesimpulan

Dengan demikian, terdapat dua keutamaan dalam membaca surah Al Fath di awal Ramadhan. Pertama, ini berarti meminta penjagaan Allah dari sesuatu yang buruk selama setahun penuh.

Kedua, membaca Al Fath dalam sholat sunah selama malam pertama bulan Ramadhan berarti meminta perlindungan dari Allah SWT untuk satu tahun berikutnya. Semoga amalan ini membawa berkah dan mendekatkan kita pada keberkahan bulan suci Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *