Menlu se-ASEAN Adakan Pertemuan ke-56, Bahas Apa Saja?

Jakarta – Pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) Asean ke-56 dan Mitra Wicara Asean (56th Asean Ministerial Meeting/Post Ministerial Conference/AMM-PMC) akan diselenggarakan pada 11-14 Juli 2023.

Pertemuan Asean dengan Partisipasi 29 Negara dan Organisasi Internasional

– Pertemuan ini akan dihadiri oleh 29 negara dan lebih dari 1.100 anggota delegasi
– Negara dan organisasi internasional yang hadir termasuk Uni Eropa (UE) dan Sekretariat Asean

Sidharto Sampaikan Persiapan Pertemuan AMM/PMC

– Direktur Jenderal Kerja Sama Asean Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto R. Suryodipuro, mengungkapkan partisipasi 29 negara termasuk RRT, Jepang, Korea Selatan, dan lainnya
– Sidharto juga bertindak sebagai Asean Senior Officials’ Meeting (SOM) Leader Indonesia

Baca juga: Menlu RI Dorong Penyelesaian Kasus HAM di Kawasan ASEAN

“Pertemuan membahas prioritas Keketuaan Indonesia di Asean, kerja sama dengan mitra eksternal Asean, dan persiapan Pertemuan Menlu Asean ke-56. Prioritas Keketuaan Indonesia meliputi penguatan kapasitas dan institusi Asean, serta implementasi Asean Outlook on Indo-Pacific (AOIP).”

Selain itu, Pejabat Senior Asean dan Komite Eksekutif Komisi Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ) melakukan pertemuan. Tujuannya adalah memperkuat kerja sama regional dalam menjaga kawasan bebas senjata nuklir dan keamanan regional.

“Para Menlu Asean dan negara-negara mitra wicara akan mulai membahas sejumlah isu dalam rangka mendorong kawasan Asean yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan serta kerja samanya dengan pihak-pihak di luar kawasan,” jelas Sidharto

Hasil dari pertemuan Senin ini akan dibahas lebih lanjut oleh para Menteri Luar Negeri Asean pada Selasa. Mereka akan membahas berbagai isu yang dapat memperkuat kawasan Asean dalam menghadapi tantangan global dan meningkatkan kerja sama antara negara anggota di bidang ekonomi, keamanan, dan pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar