Pameran Riset dan Inovasi Unggulan Indonesia Bakal Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Jakarta – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-3, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tema “3 Tahun BRINteraksi untuk Indonesia Maju”. Kepala BRIN, Tri Laksana Handioko, secara resmi memulai Kick Off Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2024 di Gedung BJ. Habibie, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, pada Minggu (28/4/2024).

Sebagai perhelatan tahunan, InaRI Expo 2024 akan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 11 Agustus 2024 di Gedung ICC, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, BRIN Cibinong. Markahi tanggal tersebut untuk menjadi bagian dari perayaan inovasi unggulan Indonesia.

Pameran ini, akan mengintegrasikan sejumlah event besar, termasuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah, Perguruan Tinggi, UMKM, Start-up, dan mitra industri, aktif terlibat dalam acara ini.

Ragam Fitur dan Tema Riset

Dikemas secara dinamis, InaRI Expo 2024 menyoroti dampak transformatif riset dan inovasi dalam 7 tema utama, termasuk ketahanan pangan, kesehatan, ekonomi berbasis pengetahuan, lingkungan yang berkelanjutan, energi, ketahanan sosial, dan keanekaragaman hayati.

InaRI Expo 2024 menjadi pusat kolaborasi dan kemitraan, mempercepat adopsi solusi inovatif, dan memberikan akses sumber daya riset dan inovasi.

Tri laksana Handoko, Kepala BRIN, menyatakan komitmennya dalam mendukung InaRI Expo 2024 sebagai bukti dukungan BRIN terhadap riset dan inovasi unggul di Indonesia.

“InaRI Expo merupakan pameran yang diinisiasi oleh Badan BRIN dan tahun ini merupakan tahun ke tiga penyelenggaraan InaRI Expo. Untuk InaRI Expo 2024 akan kami gelar lebih besar lagi dibandingkan gelaran InaRI Expo sebelumnya,” ujar Handoko, saat Press Conference Launching InaRI Expo 2024 dan IEMS 2024, di Gedung BJ Habibie, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Handoko juga menegaskan pentingnya peran riset dan inovasi dalam kemajuan negara.

BACA JUGA: InaRI Expo 2023: Kreativitas Riset dan Inovasi untuk Indonesia yang Lebih Maju

“InaRI Expo juga menjadi pengingat akan pentingnya peran riset dan inovasi dalam mendorong kemajuan negara kita,” sebutnya.

Handoko mengundang seluruh pihak untuk bersama-sama memajukan masa depan yang lebih sejahtera melalui semangat inovasi dan kolaborasi.

“Karena itu, kami mengundang seluruh pihak untuk bersama-sama menggelorakan semangat inovasi dan kolaborasi untuk memajukan masa depan yang lebih sejahtera,” imbuh Handoko.

Ajakan untuk Berkolaborasi

Tak hanya menjadi wadah untuk menampilkan kemajuan riset dan inovasi, InaRI Expo juga akan berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan menginspirasi generasi inovator berikutnya.

“Kegiatan ini juga akan menjadi wadah bagi para periset, inventor, dan inovator, dari berbagai lembaga, termasuk perusahaan BUMN, BUMD, Swasta, Industri dan Instansi Pemerintahan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas keunggulan produk inovasi yang telah dihasilkan dan
memberikan dampak positif bagi masyarakat dan Negara,” kata Irwadhi Marzuki, Managing Director PT Murtila Promosindo, selaku promotor InaRI Expo 2024.

BACA JUGA: Kopi Ole-Ole, Produk Lokal Hasil Inovasi, Memukau Pengunjung InaRI Expo 2023

Irwadhi mengajak stakeholders dan perusahaan untuk berpartisipasi mensukseskan kegiatan InaRI Expo 2024.

“BRIN ditetapkan sebagai lembaga pemerintah untuk melaksanakan riset dan inovasi, penyedia rekomendasi kebijakan berbasis ilmu pengetahuan dan bukti, serta funding agency untuk mendukung aktivitas riset dan inovasi nasional memanfaatkan sumber daya (manusia, infrastruktur, anggaran) pemerintah yang dikonsolidasikan ke dalam BRIN,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *