Peluang CPNS 2023: Instansi Terbuka Bagi Lulusan SMA-SMK

Jakarta – Tahun ini, Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara (CPNS/CASN) kembali dilaksanakan. Pendaftaran berlangsung dari 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Kesempatan Tak Hanya untuk Sarjana, Lulusan SMA-SMK Juga Bisa!

Tidak hanya mereka yang sudah kuliah, lulusan SMA sederajat juga berpeluang untuk mendaftar dalam Seleksi CPNS 2023. Berbagai instansi membuka kesempatan untuk formasi CPNS 2023 lulusan SMA-SMK.

Proses Seleksi dan Informasi Lengkap

BKN mengumumkan bahwa semua tahapan seleksi akan berlangsung melalui portal resmi SSCASN. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di laman resmi Jadwal Seleksi CASN.

Jumlah Formasi dan Instansi yang Terlibat

Kementerian PANRB telah menetapkan 572.496 formasi lowongan CASN 2023. Formasi ini tersebar di 72 instansi, terdiri dari 78.862 ASN untuk pemerintah pusat, dan 493.634 ASN untuk pemerintah daerah.

Posisi dan Peluang di Pemerintah Daerah

Untuk pemerintah daerah, sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis telah dialokasikan.

Instansi yang Membuka Pendaftaran CPNS 2023 untuk Lulusan SMA-SMK

Berikut daftar delapan instansi yang menerima pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan sederajat:

1. Badan SAR Nasional

Badan SAR Nasional (Basarnas) membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA di berbagai posisi di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Basarnas atau akun Instagram @sar_nasional.

2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung (Kejagung) memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau sederajat untuk mendaftar pada CPNS 2023. Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di situs resmi Biro Kepegawaian Kejaksaaan.

Baca juga: Catat! Ini Cara Daftar Seleksi CPNS 2023

3. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka formasi CPNS 2023 lulusan SMA-SMK untuk posisi penjaga tahanan. Rincian lebih lanjut ada di situs CPNS Kemekumham.

4. Kementerian Lingkungan Hidup

Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA-SMK, terutama untuk posisi polisi hutan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs CASN Menlhk.

5. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan sederajat, dengan berbagai posisi seperti bidang penerbangan, petugas Avsec, teknisi penelitian, dan lainnya. Informasi selengkapnya ada di CPNS Kementerian Perhubungan.

6. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) juga membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA, dengan posisi pengemudi ambulans dan kataloger pemula. Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di situs Kementerian Pertahanan.

7. Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian membuka kesempatan bagi calon pendaftar lulusan SMA untuk berbagai formasi. Informasi lebih lanjut ada di situs CASN Kementerian Pertanian.

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA-SMK

Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelamar CPNS 2023 lulusan SMA, merujuk pada Peraturan Menteri PANRB No. 27 Tahun 2021:

Syarat Umum

Calon pelamar harus berusia antara 18 hingga 35 tahun saat mendaftar. Mereka tidak boleh pernah dipidana dengan pidana penjara lebih dari 2 tahun, diberhentikan tidak dengan hormat dari berbagai jabatan, atau terlibat dalam politik praktis.

Syarat Dokumen

Calon pelamar harus memenuhi syarat dokumen seperti ijazah SMA/sederajat yang sah, akta lahir, KTP, daftar riwayat hidup, pas foto, dan surat lamaran.

Penutup

Semua formasi CPNS 2023 lulusan SMA, SMK, dan sederajat disajikan di atas. Pastikan selalu memeriksa informasi terbaru dari instansi yang diminati sebelum mendaftar.

Demikianlah informasi mengenai formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA-SMK. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar