Pemberitahuan Penting: Cara Urus Pindah Tempat Memilih

RUANGBICARA.co.id – Penting untuk diketahui bahwa tahap pertama pengurusan surat pemilih yang pindah tempat memilih akan segera berakhir pada Senin, 15 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memperpanjang waktu penutupan surat pemindahan tempat memilih pada tahap pertama hingga 14 Februari 2024.

Perpanjangan Durasi

Awalnya, batas waktu pengurusan surat pindah tempat memilih dijadwalkan berakhir pada pukul 16.00, namun kini telah diperpanjang hingga pukul 23.59. Meskipun demikian, pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih dapat mencoblos di tempat lain.

Aturan Pindah Tempat Memilih

Aturan ini telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih. Perlu diingat bahwa pindah tempat memilih tidak berlaku bagi mereka yang belum terdaftar di DPT.

Cara Pindah Tempat Memilih

Menurut keterangan yang diambil dari laman resmi kpu.go.id, calon pemilih yang tidak tercantum dalam DPT masih memiliki opsi untuk memilih di tempat pemungutan suara (TPS) sesuai alamat KTP mereka, dengan catatan masuk di Daftar Pemilih Tambahan (DPK).

Baca juga: Dari 104 Hanya 25 Caleg DPR Dapil Banten I Asli dari Lebak – Pandeglang dan 4 yang Potensial

Langkah-langkahnya meliputi:
  1. Datang langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), atau KPU Kabupaten/Kota.
  2. Bawa bukti dukung alasan pindah memilih, seperti surat tugas jika terdapat tugas dinas.
  3. KPU akan memetakan TPS di sekitar tujuan, dengan mencatatnya di Daftar Pemilih Tambahan.
  4. Pemilih akan diberikan bukti dari KPU berupa formulir A-Surat Pindah Memilih.
Syarat Administrasi

Untuk memudahkan proses, pemilih diharuskan menunjukkan KTP atau Kartu Keluarga, melampirkan salinan formulir Model A sebagai bukti terdaftar dalam DPT di TPS asal, dan memenuhi syarat kondisi pemilih yang telah diatur, seperti tugas di tempat lain, rawat inap di fasilitas kesehatan, atau pindah domisili.

Jenis Pemilihan yang Diperbolehkan

Proses pindah memilih berlaku untuk berbagai jenis pemilihan, seperti calon anggota DPR yang pindah di dalam satu provinsi, pasangan calon presiden dan wakil presiden yang pindah ke provinsi lain atau negara, dan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *