Pemilu 2024 Sebentar Lagi, Ketua KPK: Tidak Ada Jual Beli Suara

Jakarta – Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) mendukung dan mengapresiasi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang menyerukan hajar serangan fajar sebagai jargon menolak politik uang pada Pemilu 2024.

Seruan itu merupakan salah satu upaya KPK mendukung pelaksanaan Pemilu yang bersih jujur dan adil.

Kaka Suminta sekretaris jendral KIPP mengatakan, bahwa pentingnya seruan Firli Bahuri dan harus menjadi perhatian masyarakat, terutama bagi penyelenggara pemilu sebagai aktor utama.

“Tetap perlu mengedepankan penyelenggara pemilu sebagai aktor utama,” Katanya, pada Senin, (19/6/2023).

Lalu, ia menambahkan Jika ingin pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung dengan jujur adil (jurdil), bersih dan berintegritas. Pihak KPK dan Lembaga lain juga selain di luar penyelenggara pemilu dapat menjadi support system.

“Sebaiknya lembaga lain di luar penyelenggara pemilu, termasuk KPK hanya sebagai support system, dan tidak mengambil porsi Bawaslu misalnya. Selain juga mandat KPK sendiri tidak spesifik dalam pemilu,” kata Kaka Suminta, Senin (19/6/2023)

Baca juga: Diduga Korupsi, KPK Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Hari Ini

Ketua KPK Firli Bahuri mengingatkan Kepada masyarakat agar tidak pernah jual suara dan menggadaikan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan.

“Sebentar lagi Pemilu 2024, tidak ada jual beli suara. Karena mohon maaf Bapak Ibu sekalian, kita menganut prinsip kedaulatan ada di tangan rakyat, maka jangan pernah menjual suara anda hanya untuk menggadaikan nasib bangsa 5 tahun ke depan. Setuju?,” seruan Firli Bahuri dalam Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Budaya Antikorupsi di arena Car Free Day (CFD) Kota Bekasi, Minggu (18/6/2023).

Dalam seruannya, Firli Bahuri tegaskan untuk hajar serangan fajar atau politik uang (money politics) sebagai jargon menolak politik uang di Pemilu 2024.

“Kalau kita paham bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan, maka anda tidak akan pernah menjual belikan suara Tuhan. Karena itu, kita hajar serangan fajar,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar