Menteri Koperasi Apresiasi Pelaku UMKM dalam Perayaan Hari UMKM Nasional 2023

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, mengapresiasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan meluncurkan perayaan Hari UMKM Nasional 2023. Teten menyoroti kontribusi UMKM dalam menciptakan lapangan kerja dan menyumbang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dalam konferensi pers, Teten menjelaskan pentingnya meningkatkan kualitas lapangan kerja UMKM dengan memperbaiki ekosistem usaha dan mengubah status informal menjadi formal.

Teten menyoroti tiga aspek penting dalam pengembangan UMKM. Pertama, kemudahan berusaha, termasuk dalam hal pendirian perusahaan dan koperasi. Teten menekankan perlunya formalitas dalam usaha untuk memudahkan akses terhadap pembiayaan, kebijakan, dan kerjasama bisnis.

Kedua, Teten berbicara tentang akses pembiayaan yang masih rendah bagi UMKM. Dia menyebutkan bahwa rasio kredit perbankan untuk UMKM masih kurang dari 21%, dan pemerintah berupaya meningkatkannya menjadi 30%. Teten menekankan perlunya pendekatan baru seperti skor kredit dan pendanaan tanpa agunan untuk mendorong akses pembiayaan yang lebih mudah bagi UMKM.

Ketiga, Teten menyampaikan pentingnya akses pasar bagi UMKM. Belanja pemerintah yang mengutamakan produk lokal dan UMKM merupakan kebijakan yang dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi impor. Teten juga mendapat dukungan dari Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, yang berkomitmen untuk meningkatkan penjualan dan pendampingan UMKM setelah pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, dalam rangka Hari UMKM Nasional dan Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Pemerintah Kota Surakarta akan melaksanakan Pameran HARI UMKM NASIONAL EXPO 2023 pada tanggal 10-13 Agustus 2023 di Pamedan Mangkunegaran, Kota Surakarta. PT Garindo Media Tama dan PT Anugrah Duta Promosindo ditunjuk sebagai penyelenggara event ini.

Adapun rangkaian acara Pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023 sebagai berikut:

1. Pameran Multi Produk UMKM seluruh Indonesia.

2. Forum Pengembangan UMKM (Menampilkan pembicara kunci baik dari Pemerintah, Pakar, Akademisi, pengusaha dan Pimpinan Bisnis).

3. Workshop (Pelatihan, Bimbingan, Presentasi dan Demo Produk dan jasa inovatif untuk menunjang pemngembangan UMKM Nasional).

4. Fasilitas Pendaftaran izin secara kolektif (NIB, PIRT, Halal, Merk).

5. Panggung Hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar