Presiden Usulkan Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan usulan resminya melalui Surat Presiden (Supres) untuk mengganti Panglima TNI.

Usulan ini diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) oleh Ketua DPR-RI, Puan Maharani, dalam sidang Paripurna II tahun 2023-2024 di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Puan Maharani mengungkapkan bahwa Presiden mengusulkan pergantian Panglima TNI yang saat ini, kandidatnya baru saja dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) kurang lebih satu minggu sebelumnya.

“Saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Jendral TNI Agus Subiyanto, S.E, M.Si yang diusulkan oleh presiden melalui surat presiden,” kata Puan di Gedung DPR, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Gimik Jokowi Ajak Makan Prabowo, Ganjar, dan Anies

Penggantian Panglima TNI ini dilakukan karena Panglima TNI Yudo Margono akan segera memasuki masa pensiun.

“Bahwa panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan pensiun sehingga digantikan oleh Jendaral TNI Agus Subiyanto, S E, M.Si, yang diusulkan oleh Presiden,” terang dia.

Puan juga menjelaskan bahwa proses pergantian Panglima TNI mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sesuai dengan undang-undang, Presiden harus mengusulkan nama calon pengganti kepada DPR di luar masa reses, dan perubahan ini harus diselesaikan dalam waktu dua puluh hari sejak SUPRES diterima oleh Ketua DPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *