Profil Panji Gumilang Pendiri dan Pimpinan Ponpes Al Zaytun

RUANGBICARA – Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, AS Panji Gumilang tengah jadi sorotan publik lantaran beberapa video kegiatan di Ponpesnya viral di media sosial.

Sederet kontroversi yang Panji Gumilang lakukan itu seperti salam yahudi, sholat Ied Fitri perempuan di barisan shaf depan, juga diperbolehkan berzina asal tebus dosa Rp. 2 juta. Hal ini menjadikan Ponpes Al Zaytun dituai kritik netizen dan muncul bersliweran di beranda TikTok dan medsos lainnya.

Warganet digemparkan, hingga sebagian menilai kegiatan yang Panji Gumilang lakukan kala mengisi acara, hingga melakukan ritual keagamaan di Ponpes Al Zaytun dianggap tak wajar dan menyimpang daripada ajaran agama Islam umumnya.

Pria ini memiliki nama lengkap Prof. Dr. (HC). AS Panji Gumilang, MP lahir di Gresik, Jawa Timur pada tanggal 30 Juli 1946.

Para santri Ponpes Al Zaytun sendiri memanggilnya dengan sebutan atau gelar yang disematkan, yakni syekh.

Dalam berbagai kegiatan rutinitas memimpin Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang terbilang aktif padahal umurnya sudah menginjak 76 tahun.

Ia menikahi perempuan bernama Farida Alwidad, dan kabarnya salah satu anaknya menjadi caleg sebuah partai politik.

Sejak tahun 1996 ia mendirikan Pondok Pesantren Al Zaytun dan hingga kini pesantren asuhannya terhitung memiliki kurang lebih 7.000 santri. Santri tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia, ada juga dari mancanegara.

Panji Gumilang dalam perjalanan hidupnya pernah mengenyam pendidikan agama di Pondok Pesantren Modern Gontor. Lalu pernah mengenyam pendidikan tinggi dan lulus di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada tahun 2003, salah satu Universitas yang berbasis di Amerika Serikat dan Inggris memberikan gelar kehormatan kepada Panji Gumilang pimpinan Ponpes Al Zaytun.

Gelar tersebut diperolehnya karena dianggap telah berkontribusi dalam menciptakan metode pembaharuan pembelajaran bagi sistem pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar