Promo 10.10 Tokopedia & TikTok Shop Bikin Ekonomi Daerah Melesat, Ini Rahasianya

RUANGBICARA.co.id – Kampanye Promo Guncang 10.10 yang digelar Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia (TikTok Shop) pada Oktober 2025 sukses besar. Program ini tidak hanya meningkatkan transaksi belanja online, tetapi juga ikut menggairahkan ekonomi digital hingga ke pelosok daerah.

Menariknya, data menunjukkan adanya lonjakan transaksi signifikan di sejumlah wilayah Indonesia. Papua Barat, Gorontalo, dan Kalimantan Selatan mencatat pertumbuhan tertinggi di Tokopedia. Sementara itu, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Jambi menjadi daerah dengan peningkatan transaksi terbesar di TikTok Shop.

BACA JUGA: Jika Penuhi 4 Syarat Ini, Tunggakan BPJS Kesehatan Kamu Bisa Dihapuskan

Pencapaian ini menjadi pijakan kuat bagi kedua raksasa e-commerce tersebut untuk melanjutkan momentum positif melalui Promo Guncang 11.11, yang puncaknya akan digelar pada 11 November 2025.

“Sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, kami mengadakan rangkaian kampanye akbar bulanan di Tokopedia dan TikTok Shop, seperti Gajian Sale setiap akhir bulan dan Promo Guncang pada tanggal kembar di bulan berikutnya,” ujar Stephanie Susilo, Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce Indonesia, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/11/2025).

Selain itu, tahun ini sektor digital diperkirakan menyumbang sekitar 8% terhadap PDB nasional, dan angka tersebut diproyeksikan naik menjadi 9–10% pada akhir 2025. Dari total nilai ekonomi digital nasional, e-commerce menyumbang sekitar 72%, menjadikan Indonesia pasar digital terbesar di Asia Tenggara dengan potensi mencapai US$600 miliar pada 2030.

Pesanan Naik Tajam

Lebih lanjut, kampanye berkelanjutan Tokopedia dan TikTok Shop terbukti memberikan dampak nyata. Jumlah penjual meningkat hingga 46,8%, sedangkan rata-rata pesanan naik 45%.

“Artinya, makin banyak pelaku usaha yang percaya untuk memanfaatkan Tokopedia dan TikTok Shop untuk #JualanNyaman,” tambah Stephanie.

Selama periode Promo Guncang 10.10, kategori Handphone & Tablet, Otomotif, Makanan & Minuman, Kecantikan & Perawatan Diri, serta Fashion Muslim menjadi penyumbang transaksi tertinggi.

Beberapa produk terlaris di masing-masing platform antara lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *