Ratusan Babinsa di Lebak Ikuti Pelatihan Pertanian dari BSIP Banten

Lebak – Ratusan Babinsa di Kabupaten Lebak mengikuti pelatihan pertanian yang diselenggarakan oleh Balai Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Banten.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Kodim 0603 Lebak dan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, bertujuan memperkuat kapasitas para Babinsa dalam menerapkan standar pertanian.

Penguatan Kapasitas untuk Percepatan Tanam

Kepala BSIP Banten, Ismatul Hidayah, menyampaikan bahwa pelatihan di Aula Kodim Lebak pada 26 Januari 2024, fokus pada penguatan kapasitas Babinsa terkait budidaya padi dan jagung.

Tujuannya adalah memberikan bekal kepada Babinsa agar dapat mendampingi dengan efektif pelaksanaan Program UPSUS, khususnya dalam percepatan tanam.

Dukungan Sinergis untuk Peningkatan Produksi

Dandim 0603/Lebak, Letkol Arh. Erik Novianto, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi MoU antara Menteri Pertanian RI dan Panglima TNI.

Babinsa diharapkan dapat memahami materi, menemukan solusi di lapangan, dan mendukung program UPSUS agar dapat berkontribusi signifikan pada peningkatan produksi beras nasional.

Baca juga: Kodim 0603 Lebak Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Sungai Ciujung

Tindak Lanjut Kemitraan antara Kementan dan TNI

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat, menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kementan dan Panglima TNI.

Setelah pelatihan ini, Babinsa diharapkan mampu mengimplementasikan pengetahuan mereka dan bersinergi dengan penyuluh petani di desa masing-masing.

Pelaksanaan Serentak Program UPSUS

Rahmat menambahkan bahwa setelah Bimtek, Babinsa diharapkan dapat melakukan penanaman secara serentak, mendukung peningkatan produksi beras nasional.

Harapannya, Babinsa akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memperkuat peran mereka dalam mendukung petani di wilayah Kabupaten Lebak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *