Rencana Pembangunan Jembatan Terpanjang Dunia di Atas Selat Sunda

Provinsi Banten memiliki rencana megaproyek pembangunan jembatan terpanjang di dunia yang akan melintasi Selat Sunda, menghubungkan Banten dengan Pulau Sumatera. Rencana ini diumumkan sebagai langkah maju yang signifikan bagi wilayah tersebut dan Indonesia secara keseluruhan.

Infrastruktur Tahan Gempa hingga Skala 9 Richter

Berdasarkan data dari situs pu.go.id, Jembatan Selat Sunda dirancang untuk menahan gempa hingga skala 9 Richter. Selain menjadi infrastruktur transportasi penting, jembatan ini diharapkan meningkatkan konektivitas antara Banten dan Pulau Sumatera, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan memfasilitasi arus barang serta orang antar-pulau.

Rencana Rampung pada 2025

Meskipun direncanakan selesai pada tahun 2025, sebelum pembangunan dimulai, pemerintah Provinsi Banten akan melakukan studi kelayakan untuk memastikan persiapan teknis yang baik. Dengan alokasi dana sebesar Rp 200 triliun, pemerintah berkomitmen menjadikan jembatan ini sebagai landmark yang memperkuat konektivitas antara Banten dan Pulau Sumatera.

Baca juga: Mengenal Waduk Karian yang Besok Akan Diresmikan Jokowi

Sejarah Panjang

Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda bukanlah hal baru dan telah dimulai sejak era Soekarno. Meskipun sempat ditolak oleh Jokowi, proyek ini terus diupayakan untuk menjadi simbol baru dan membawa manfaat ekonomi yang signifikan. Sejumlah tahapan perencanaan, uji kelayakan, dan revisi peraturan telah dilalui untuk mewujudkan proyek ini.

Tantangan dan Keberlanjutan Proyek

Dalam sejarahnya, proyek ini menghadapi sejumlah tantangan, termasuk penolakan dari beberapa pihak dan alasan-alasan ekonomi. Dengan kebutuhan investasi yang besar dan teknologi tinggi, serta mempertimbangkan dampak ekonomi lokal, proyek ini menjadi sorotan dan terus menjadi isu yang kompleks. Kendati demikian, harapannya proyek ini dapat menjadi terobosan penting untuk kemajuan wilayah dan Indonesia secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *