Sambutan Hangat Presiden Jokowi di KTT ASEAN ke-43 2023

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan hangat menyambut para pemimpin negara dalam KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta. Acara berlangsung di JCC Senayan, Jakarta Pusat Selasa, (5/9/2023).

Para pemimpin dunia tiba di KTT, disambut Jokowi dan Ibu Negara dengan keramahan, acara ini berlangsung meriah.

Perdana Menteri Laos tiba pertama, diikuti oleh pemimpin lain, termasuk PM Kamboja, Ketua Delegasi Thailand, dan Presiden Filipina.

Dalam KTT ini, 22 negara, termasuk negara-negara ASEAN dan mitra seperti Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat, berpartisipasi. Bangladesh sebagai Ketua IORA dan Cook Islands sebagai Ketua PIF juga diundang.

Baca juga: Pemerintahan Jokowi Komitmen Tingkatkan Program Hilirisasi Pertambangan Mineral

KTT ini juga, melibatkan organisasi internasional seperti PBB, World Bank, IMF, World Economic Forum, IORA, dan PIF. Tema KTT 2023 adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” yang menekankan peran penting ASEAN dalam kawasan dan dunia.

Agenda Presiden Jokowi

Presiden Jokowi memiliki agenda dalam KTT ini, termasuk membuka acara ini dan memimpin 12 pertemuan yang melibatkan mitra ASEAN seperti Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

KTT ini menjadi forum penting untuk memajukan kerjasama dan dialog di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar