Selama 2023, Bencana Kebakaran di Lebak Disebabkan Pembakaran Sampah

LebakDinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Lebak mencatat adanya 119 kejadian kebakaran di Kabupaten Lebak selama 2023. Pembakaran sampah dan korsleting listrik menjadi penyebab utama, dengan 64 kejadian akibat pembakaran sampah dan 63 kejadian karena korsleting listrik. Bulan September menjadi puncak kejadian, mencatatkan 45 kebakaran, dipengaruhi oleh fenomena El Nino.

Kabid Damkar Lebak, Iwan Darmawan, menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan melakukan pencegahan. Wilayah dengan kejadian terbanyak berada di Kecamatan Rangkasbitung, Gunungkencana, dan Kalanganyar.

“Untuk dominan penyebab kebakaran, karena pembakaran sampah 64 kejadian dan korsleting listrik 63 kejadian selama 2023, jadi rata-rata dua hal tersebut yang menjadi awal penyebabnya,” kata Iwan, Kamis (24/1/2024).

Baca juga: Satlantas Polres Lebak Catat 106 Meninggal Selama 2023

Damkar Lebak mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan dan membuang puntung rokok dengan tidak tertib.

Selain itu, Ade Apriyadi, Petugas Damkar Lebak, menekankan kesadaran diri masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kedepannya, Damkar Lebak akan mendapatkan bantuan Relawan Pemadam Kebakaran (redkar) di tingkat desa untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat guna mencegah bahaya kebakaran.

“Semoga dengan adanya tembahan redkar bisa membantu tugas kita semuanya, dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar mencegah bahaya kebakaran sejak dini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *