Semangat dan Kemeriahan Peserta Musik Gambus di Festival Santri 2023

LebakFestival Santri 2023 di Kabupaten Lebak menjadi ajang unik untuk menampilkan bakat-bakat penyanyi gambus berbakat. Pada Rabu, 1 November 2023, di Alun-alun Rangkasbitung, digelar Seleksi Bintang Vokal Pop Religi Gambus Tingkat Provinsi Banten.

Tujuan utama dari kehadiran penyanyi gambus adalah untuk melestarikan dan mengembangkan bakat penyanyi gambus muda di Banten dan seluruh Indonesia.

Salah satu peserta, Irna, yang berasal dari Kabupaten Pandeglang, menjelaskan bahwa tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan melestarikan lagu-lagu gambus yang semakin jarang terdengar saat ini.

“Yang pasti yang pertama ingin melestarikan budaya Islam, bahwa lagu gambus ini merupakan lagu yang bernuansa islami tentunya,” katanya saat berada di Alun-alun Rangkasbitung, Rabu, (1/11/2023).

Acara seleksi gambus ini dihadiri oleh penyanyi gambus dari delapan kabupaten/kota di Banten, dan antusiasme penonton yang memadati Alun-alun Rangkasbitung sangat memotivasi para peserta.

Baca juga: Promosikan Keberagaman, FBS UNJ Adakan ARTEC Fair

Festival Santri juga menjadi momen istimewa untuk memperingati Hari Santri Nasional di Kabupaten Lebak, dan tahun ini, acaranya terasa lebih meriah dibandingkan dengan tahun 2019.

Diungkapkan Irna, bahwa ia ingin memberikan penampilan terbaiknya dan terus melestarikan budaya musik gambus di Banten.

“Karena banyak pengalaman yang bisa saya dapatkan, karena bagaimanapun pengalaman adalah guru terbaik kita,” ungkap Irna.

Seleksi penyanyi gambus ini merupakan hasil kerja sama antara DPW LASQI (Lembaga Seni dan Kasidah) Provinsi Banten dengan berbagai pihak, termasuk perwakilan pondok pesantren dan tamu undangan dari berbagai daerah.

Ketua Umum DPW LASQI Banten, KH. Saifun Nawasi, menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan budaya musik gambus di kalangan generasi muda.

“Jadi kegiatan ini dalam mempertahankan budaya gambus, bukan kita menolak budaya yang lain tetapi kegiatan ini mengembangkan budaya yang sejak dulu sudah kita miliki,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *