Soal Debat Capres, Jokowi: Visinya yang Diserang bukan Saling Menjatuhkan

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kritik terhadap debat capres yang berlangsung pada Minggu (7/1/2024), dengan menegaskan bahwa serangan antarcapres seharusnya berfokus pada visi-misi dan kebijakan, bukan bersifat personal.

Dalam kunjungannya ke daerah Serang, Banten, Senin (8/1/2024), Jokowi mengatakan kekecewaannya terhadap debat yang lebih menyerang secara personal daripada membahas substansi.

“Debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu sehingga hidup. Saling menyerang enggak apa-apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira enggak baik dan enggak mengedukasi,” kata Jokowi di Serang kepada media, Senin (8/1/2024).

Baca juga: Prabowo Sebut Tidak Fair Saat Diminta Jawab Pertanyaan Ganjar

Presiden juga mengakui perlunya perbaikan format debat agar lebih terarah dan memberikan manfaat edukatif kepada masyarakat. Ia berharap adanya pedoman yang lebih jelas dalam menyelenggarakan debat, sehingga isu-isu yang dibahas dapat lebih mendalam.

Pernyataan Jokowi ini menjadi respons terhadap pelaksanaan debat ketiga capres, di mana terdapat kritik terhadap fokus serangan yang cenderung personal daripada mengupas isu-isu substansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *