RUANGBICARA.co.id – Setiap akhir tahun, Spotify merilis “Wrapped” atau recap tahunan yang menampilkan data kebiasaan mendengarkan pengguna: lagu, artis, genre, durasi mendengarkan, sampai podcast dan audiobook.
Pada 2025, Wrapped hadir dengan peningkatan fitur yang membuatnya lebih atraktif dan mudah dibagikan. Selain “Top Songs”, “Top Artists”, “Top Genres”, dan total menit mendengarkan, tahun ini Spotify memperkenalkan fitur-fitur baru seperti insight emosional (“mood/club”), cara interaktif untuk melihat kembali perjalanan musikmu, dan bahkan fitur “Wrapped Party” untuk berbagi recap bersama teman.
Dikutip laman Spotify, Wrapped telah menjadi bagian budaya pengguna bukan sekadar data, tapi semacam “journal musik personal” yang mencerminkan siapa kita lewat selera dan mood sepanjang tahun.
Hasilnya? Data Wrapped 2025 menunjukkan lonjakan besar dalam keterlibatan pengguna. Banyak yang membagikan hasilnya ke media sosial, membuat Wrapped jadi ritual akhir tahun bagi pengguna Spotify.
Refleksi diri dan nostalgia Wrapped memberi kita cara melihat kembali “soundtrack hidup 2025” lagu-lagu yang menemani kita, artis favorit, mood saat mendengarkan. Ini bisa memunculkan nostalgia, atau membantu kita sadar betapa musik memengaruhi mood dan hari-hari kita.
Saat banyak orang membagikan Wrapped-nya ke Instagram, WhatsApp, dan media sosial lain, Wrapped menjadi semacam “bahasa bersama” antar pengguna. Kamu bisa melihat selera teman, berkomentar, dan saling mengenal lewat musik.






