STNK Hilang atau Rusak? Ini Dia Cara Buat Ulangnya

RUANGBICARA.co.id – Kejadian kehilangan atau rusaknya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa membuat kepala Anda pusing, tetapi jangan khawatir. Berikut adalah panduan singkat tentang cara membuat ulang STNK yang hilang atau rusak:

1. Laporkan kehilangan atau kerusakan ke Polisi

Langkah pertama yang harus diambil adalah melaporkan kehilangan atau kerusakan STNK Anda ke kantor polisi setempat. Dapatkan laporan kehilangan atau surat keterangan kerusakan sebagai bukti yang diperlukan untuk mengurus STNK baru.

2. Persiapkan Dokumen-dokumen yang Diperlukan

Setelah melaporkan ke polisi, pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan yang masih berlaku.
  • Fotokopi laporan kehilangan atau surat keterangan kerusakan STNK dari kepolisian.
  • Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau Surat Tanda Cek Kepemilikan Kendaraan (STCK).
  • Pas foto berwarna sesuai persyaratan.
3. Kunjungi Kantor Samsat Terdekat

Bawa semua dokumen yang diperlukan ke kantor Samsat terdekat di wilayah Anda. Sampaikan niat Anda untuk membuat ulang STNK karena kehilangan atau kerusakan.

4. Mengisi Formulir Permohonan STNK Baru

Di kantor Samsat, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan STNK baru. Pastikan untuk mengisi formulir dengan lengkap dan benar. Jangan ragu untuk meminta bantuan petugas jika perlu.

Baca juga: Cara Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Online dan via Aplikasi

5. Proses Verifikasi dan Pengajuan

Setelah mengisi formulir, petugas akan melakukan verifikasi dokumen dan memproses pengajuan STNK baru Anda. Mereka akan memastikan keaslian dokumen dan melanjutkan proses penerbitan STNK baru.

6. Pembayaran Biaya Administrasi

Setelah proses pengajuan selesai, Anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi untuk STNK baru. Pastikan membawa uang tunai atau memastikan metode pembayaran yang diterima di kantor Samsat.

7. Pengambilan STNK Baru

Setelah pembayaran, Anda akan mendapatkan tanda bukti pembayaran. STNK baru Anda akan siap untuk diambil sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh otoritas setempat. Pastikan membawa tanda bukti pembayaran dan dokumen yang diperlukan saat pengambilan STNK baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat ulang STNK yang hilang atau rusak dengan mudah. Pastikan untuk selalu membawa STNK saat berkendara untuk kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas dan menghindari masalah hukum. Semoga panduan ini membantu Anda dalam mengurus STNK baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar