Surat Suara Rusak Ditemukan oleh KPU Lebak

LebakKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menghadapi kendala saat menemukan belasan surat suara rusak dalam persiapan Pemilihan Umum 2024. Surat suara yang mengalami kerusakan ditemukan pada kegiatan sortir dan pelipatan di Gudang KPU Lebak.

Ketua KPU Lebak, Ni’matullah, menyampaikan bahwa sortir dan lipat surat suara dimulai pada 4 Januari 2023. Hari kedua kegiatan tersebut menemukan 14 surat suara rusak, terutama sobekan.

Di Gudang Logistik Pemilu KPU Lebak, 50 petugas berhasil melipat ratusan ribu surat suara. Hingga kini, sudah 110 ribu surat suara berhasil dilipat sejak hari sebelumnya.

Diketahui, kerusakan surat suara, mayoritas sobek, membuatnya tidak layak. Total KPU Lebak menerima 1.071.241 surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dua persen.

Baca juga: KPU Lebak Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

“Kami mendapat laporan, dari pengawas internal untuk pelipatan surat suara. Jadi ada yang robek diatas, jadi rata-rata begitu sobek,” kata Ni’matullah saat berada di Gudang KPU Lebak, Jumat (5/1/2024).

Belasan surat suara rusak mengharuskan KPU Lebak berkoordinasi mendapatkan surat baru. Jumlah surat suara yang berkurang dapat mempengaruhi kelancaran pemilihan.

“Otomotis akan mengurangi jumlah kemarin, yang sudah datang. Kami segera laporkan ke KPU Banten untuk seger mintakan kami pengantinnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *