Tak Punya Biaya, Dua Jenazah Terlantar di Mushola Bandung

BandungDua jenazah yang belum dimakamkan saat ini tengah tertahan di Mushola Jalan Kiastramanggala No. 9, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, sejak Jumat (29/9/2023).

Keterbatasan biaya dari yayasan yang mengurus, serta ketiadaan keluarga menjadi penyebab jenazah tersebut belum mendapatkan pemakaman yang layak.

Menurut Hary Kurniawan Hamidjaja, pengurus Rumah Singgah Baraya Ojol Bandung Selatan (BOBS) Peduli, kedua jenazah tersebut berusia 30 dan 50 tahun, keduanya laki-laki.

“Yang berusia 30 tahun meninggal subuh tadi, belum dimakamkan karena masih menunggu biaya pemakaman. Sedangkan yang berusia 50 tahun meninggal tadi sore,” ungkap Hary kepada detikJabar, dikutip Sabtu, (30/9/2023).

Kedua orang ini telah tinggal di Rumah Singgah BOBS Peduli selama dua bulan terakhir.

Diketahui, keduanya memiliki penyakit berat; yang berusia 30 tahun menderita penyakit ayan dan masalah perut kronis, sedangkan yang berusia 50 tahun telah mengalami stroke dan kehilangan kemampuan tubuh.

Baca juga: Tega! Murid Bacok Gurunya Karena Masalah Nilai

Hingga saat ini, jenazah keduanya masih disimpan di mushola dekat Rumah Singgah BOBS Peduli karena kendala biaya pemakaman.

Hary juga menjelaskan bahwa biaya pulasaran dan penguburan untuk kedua jenazah mencapai sekitar Rp 3 juta.

Pihak BOBS Peduli telah mencari informasi mengenai biaya pemakaman di beberapa wilayah, dan harga yang ditemui berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Ia berharap ada bantuan dari dermawan untuk membantu pemakaman kedua jenazah tersebut.

“Sudah di share kemana-kemana informasinya. Selama hidup kedua almarhum tidak ada keluarganya yang ke sini sama sekali,” tambah Hary.

Saat ini, dana yang terkumpul baru sebesar Rp 800 ribu. Hary berharap adanya dukungan dari donatur untuk membantu memenuhi kebutuhan biaya pemakaman.

“Pemerintah saat ini tidak ada, mudah mudahan ada dari donatur yang bisa membantu kami,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar