Tiga Caleg di Lebak yang Meninggal Tetap Ikut dalam Pemilu 2024

Lebak – Jelang Pemilu 2024, tiga Caleg DPRD Lebak meninggal dunia, namun mereka tetap ada di kertas suara. Menurut KPU Lebak, ketiganya sudah terdaftar sebagai calon tetap (DCT) untuk daerah pemilihan (Dapil) Lebak 1.

Lita Rosita, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lebak, mengonfirmasi nama-nama Caleg yang meninggal diantaranya adalah Isak dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Lebak 1, Iyus dari Partai Buruh Dapil Lebak 1, dan Tb Suganda Gaos dari Partai Ummat Dapil Lebak 1, meskipun telah meninggal, tetap akan menjadi pilihan dalam proses pemungutan suara.

Dalam aturan yang berlaku bahwa nama-nama Caleg tersebut tidak dapat digantikan, sehingga di kertas suara nanti, mereka tetap ditampilkan pada kertas suara.

“Berdasarkan aturan namanya (caleg meninggal) sudah tidak bisa diganti. Sehingga dikertas surat suara tetap ada. Untuk teknisnya nanti pada proses pemungutan suara petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) berkewajiban menginformasikan kepada pemilih bahwa ketiga nama tersebut sudah meninggal,” kata Lita saat ditemui di Kantornya, Jumat (4/1/2024).

Baca juga: KPU Lebak Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Kepastian ketiganya meninggal dunia, sudah ditindaklanjuti ke masing-masing partai yang bersangkutan dengan didampingi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lebak. Hal tersebut dilakukan guna melakukan klarifikasi untuk memastikan bahwa ketiga caleg tersebut benar telah meninggal dunia.

“Sudah kita klarifikasi ke partai masing-masing partai terkait kematian caleg tersebut. Itu (hasil klarifikasi) yang dilengkapi berupa surat kematian selanjutnya harus upload di aplikasi sistem informasi kampanye dan dana kampanye (Sikadeka),” terangnya.

Baca juga: KPU Lebak Tetapkan 560 Caleg Masuk DCT Pemilu 2024

“Jika tidak di upload bukti tersebut, khawatir anggapan masyarakat atau lainnya caleg tersebut masih ada. Nanti ketiga caleg meninggal di beri tanda,” sambung Lita.

Dari data Kabupaten Lebak, pada Pemilu 2024 tercatat caleg DPRD Lebak sebanyak 560 orang. Dari total tersebut, jumlahnya tidak akan berubah walaupun terdapat tiga caleg meninggal dunia. “Jumlahnya tetap segitu (560 orsng). Namanya (yang meninggal) tetap ada, dan jika di coblos nantinya suara tersebut masuk ke suara partai. Di Lebak ini kalau tidak salah caleg yang meninggal dunia paling banyak diantaranya Kabupaten/kota di Provinsi Banten,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar