TikTok Shop Resmi Ditutup, Ini Kata Mendag dan Menkop-UKM

JakartaTikTok Shop secara resmi ditutup hari ini Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB, sehingga menyisakan pertanyaan tentang nasib para pedagang atau “seller” yang aktif di platform tersebut.

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa para pedagang TikTok Shop telah diinstruksikan untuk beralih ke platform e-commerce lainnya.

“(Pedagang lokal) Ya pindah, ke Shopee atau ke e-commerce lain kan mau tuh mereka nampung,” ungkap Mendag Zulhas.

Menurutnya, banyak platform e-commerce yang menawarkan layanan serupa, termasuk fitur live yang dapat dimanfaatkan oleh para pedagang yang biasa berjualan secara langsung di TikTok Shop.

Baca juga: Seleb TikTok dari Probolinggo Marahi Siswi Magang

“Yang live-live itu juga bisa di e-commerce. Kan ada itu,” tambah Mendag Zulhas.

Sementara itu, Menkop-UKM Teten Masduki melihat pemisahan TikTok Shop dari TikTok Media Sosial sebagai suatu peluang.

“Kan tetap bisa naikin konten promosi di TikTok Medsos, malah bagus enggak ada lagi shadow banned. Jualannya nanti bisa diarahkan langsung ke WhatsApp, toko online, landing page atau kemanapun yang seller mau,” tulis dia melalui akun Instagram pribadinya @tetenmasduki_.

“Jangan mau dibodoh-bodohin lah. Pembelinya juga gak bakal kesulitan, hanya tinggal klik link out-nya, check out, beres deh,” sambungnya.

Dengan demikian, penutupan TikTok Shop diharapkan tidak memberikan dampak negatif pada para pedagang yang dapat memanfaatkan peluang baru di dunia e-commerce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar