Tingkatkan Kualitas SDM, PMII Sukses Gelar Kick Off Scholarship

JakartaBidang Perguruan Tinggi Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) berhasil menyelenggarakan acara Kick Off PMII Scholarship Incubator, sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pusat Kerja Kemnaker RI terdiri dari dua bagian utama, yakni pembukaan Kick Off Scholarship dan Talk Show dengan tema “Merawat Indonesia dengan Ilmu dan Pendidikan.”

Hadir sebagai pemateri adalah tokoh-tokoh berpengaruh, antara lain H Muhammad N Purnamasidi (Anggota DPR RI Komisi X), Dwi Winarno (Wakil Rektor UNUSIA), Rumtini Ph.D (Kepala Divisi Seleksi & Rekruitmen Beasiswa LPDP), dan Ahmad Luthfi (Managing Director Talenhub).

Mahbub Ubaedi Alwi, Ketua Pelaksana dan inisiator program Scholin, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah menciptakan inkubasi bagi aktivis yang akan melanjutkan studi S2 dengan beasiswa.

Program Scholin bertujuan untuk mempercepat pendidikan formal aktivis, sekaligus meningkatkan kualitas SDM dalam mendukung cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan Scholin juga, melibatkan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Talenthub, Pusat Pasar Kerja Id, Jakarta Oses Energi, dan Jakarta Propertindo (Jakpro), dijadwalkan berlangsung selama dua bulan sebagai persiapan menyambut pembukaan Beasiswa LPDP Batch 1 yang direncanakan pada bulan Februari.

Muhammad Rafsanjani, Sekretaris Jenderal PB PMII, memberikan apresiasi terhadap inisiatif program Scholin, yang dianggap sebagai langkah tepat untuk mengembangkan SDM di lingkungan NU.

Baca juga: PB PMII Tuding KPK, Kejagung, dan BPK Tersandera Konflik Kepentingan

“Pengembangan SDM di lingkungan NU sangat penting, dan progam Scholin menjadi langkah tepat untuk mewujudkan cita-cita organisasi kita. Apresiasi untuk Sahabat Mahbub selaku Inisiator Program dan tim Scholin yang sudah menginisiasi kegiatan inkubasi persiapan beasiswa untuk studi lanjut di level S2,” kata Rafsan saat berikan sambutan dalam acara tersebut.

Dalam Talk Show, Dwi Winarno menyoroti perlunya persiapan kader terbaik untuk berkompetisi.

”Kita jangan jualan masa lalu, kita terlalu menuntur lebih pada penguasam tapi tidak menunjukkan perubahan organisasi yang masif. Kita harus menyiapkan kader-kader terbaik kita untuk ikut berkompetisi supaya kita mampu melahirkan kader-kader yang berkualitas dan bisa bedaya saing. Ingat kita bukan anak siapa-siapa, bukan anak pengusaha, bukan anak presiden atau pejabat. Jadi harus bersiap lebih daripada yang lain,” tukasnya.

Sementara Ahmad Luthfi mengakui momentum positif dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat bagus. Sekiranya PMII dapat istqomah, Allah akan memberikan jalan kesuksesan layaknya One of the key yang harus kita pegang,” ujar dia.

Rumtini, Kepala Divisi Seleksi & Rekruitmen Beasiswa LPDP, memberikan pesan kepada generasi muda untuk berani bertarung.

“Generasi muda harus berani bertarung, jangan terbiasa titipan karena yang dititipi itu menjadi beban. Jangan terlalu puas ketika diberi, tapi puaslah karena hasil keringat bertarung,” ucapnya.

Terakhir, H Muhammad N Purnamasidi, Anggota DPR RI Komisi X, memberikan closing statement singkat dengan menekankan keyakinannya bahwa pendidikan merupakan kunci utama untuk sukses.

“Saya selalu percaya pendidikan itu kunci utama untuk sukses,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar