TNI Kepung Markas KKB di Nduga, Sita Senjata dan Amunisi

Jakarta – Dalam sebuah operasi penyergapan yang dilakukan oleh pasukan gabungan TNI di Kampung Aluguru, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Jumat (1/9/2023), tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilaporkan tewas akibat tembakan.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan mengatakan bahwa tindakan penyergapan ini merupakan respons atas serangan KKB terhadap masyarakat sipil.

“Tindakan penyergapan ini adalah sebagai akibat dari penyerangan yang dilakukan KKB kepada masyarakat sipil beberapa waktu lalu di Batas Batu,” tulis Izak dalam keterangannya, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin: Papua Merdeka Bukan Opsi

Operasi gabungan di Matoa, Papua Pegunungan dipimpin Mayor Inf Cosmos, mengakibatkan tiga anggota KKB tewas pada (1/9/2023).

Izak Pangemanan juga menyebutkan bahwa tidak ada korban di pihak TNI dalam operasi ini dan berhasil mengamankan sejumlah dokumen.

“Dalam operasi ini pasukan kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk senjata, amunisi, peralatan serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas TPNPB-OPM, juga tidak ada korban di pihak TNI,” katanya.

Selain itu, Sebby Sambom, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Operasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), membenarkan kematian anggota kelompok tersebut dalam peristiwa ini dan mengidentifikasi anggota yang tewas sebagai bagian dari TPNPB Kodap III Ndugama-Darakma yang dipimpin oleh Egianus Kogoya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *