Jakarta – Direktur Utama Transjakarta, Welfizon Yuza, mengungkapkan bahwa kinerja perusahaan sepanjang 2024 menunjukkan peningkatan signifikan.
Salah satu fokus utama adalah meningkatkan pelayanan serta mengoptimalkan subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
Tak hanya itu, Transjakarta juga mengelola aset dengan lebih baik, sehingga mampu meningkatkan jumlah pelanggan secara signifikan. Pada tahun 2024, Transjakarta sukses melayani 371 juta pelanggan, meningkat hampir dua kali lipat dalam kurun waktu dua tahun.
“Ini adalah capaian tertinggi kami,” ujar Welfizon dalam konferensi persnya, Kamis (6/2/2025).
BACA JUGA:Â Pembangunan Interkoneksi MRT Kota dan Stasiun Jakarta Kota Terus Mendapat Dukungan
Keberhasilan ini turut berdampak pada efisiensi subsidi. Subsidi per pelanggan mengalami penurunan hampir setengahnya dibandingkan dua tahun sebelumnya, menjadi Rp9.831 per pelanggan.
Selain itu, kepuasan pelanggan terhadap layanan Transjakarta juga mengalami peningkatan. Indeks kepuasan pelanggan mencapai 4,40 dari skala 5,00, sementara Net Promoter Score (NPS) berada di angka 70,1%. Cakupan layanan pun semakin luas, dengan 91,7% populasi Jakarta telah terlayani oleh Transjakarta.
Peningkatan Armada dan Rute Layanan
Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pelanggan, Transjakarta menambah jumlah rute dari 235 menjadi 242 rute. Sementara itu, jumlah bus juga bertambah dari 4.293 menjadi 4.388 unit. Selain itu, perusahaan juga terus meningkatkan kualitas layanan melalui revitalisasi halte dan pengembangan layanan digital.

 
																						




