Usul TGB Cawapres Ganjar, PPP: Perindo Tidak Punya Kursi DPR

Jakarta – Ketua Harian DPP Perindo TGB M. Zainul Majdi diisukan masuk bursa calon wakil presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal itu kemudian ditanggapi oleh Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek sapaan akrabnya, usulan itu ia hargai juga agak sedikit menyinggung dengan nihilnya perolehan kursi Perindo di DPR saat ini.

Baru-baru ini Perindo telah menyatakan dukungannya mengikuti PPP dan Partai Hanura untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

“Ya boleh-boleh saja, namanya orang usulan. Kan bisa diterima bisa enggak. Tetapi ya Perindo kan tidak punya kursi di DPR, ya kan?” kata Awiek, Selasa (13/6).

Dalam penjelasannya, TGB masuk dalam usulan cawapres Ganjar belum tentu bisa mendongkrak suara untuk kemenangan di Pilpres 2024 nanti. Karena menurut dia perbandingan perolehan suara TGB di Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak sebanding dengan perolehan suara Sandiaga Uno yang sudah terbukti di Pilpres 2019 dan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Yang terpenting dari penentuan sosok cawapres menurut dia ialah bagaimana cara memenangkan Ganjar di Pilpres 2024 nanti.

“Misalkan beliau pernah Gubernur di NTB. Berapa sih penduduk NTB? Kan begitu cara menghitungnya. Terus dia menang di dapil dua kali, berapa sih kemenangan yang dia dapat ketika Pilkada dua kali itu,” ujar dia.

Kendati demikian, menurutnya jikalau TGB tidak terpilih menjadi cawapres Ganjar, TGB masih bisa ada diposisi lain misalkan sebagai Menteri jika Ganjar menang menjadi Presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Awiek tetap mengingatkan bahwa urusan menteri itu merupakan hak prerogatif presiden.

Berbeda dengan PPP, Ketua DPP PDIP Bidang Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat merespon dengan menilai TGB merupakan salah satu yang akan dikaji terlebih dahulu sebelum diputuskan oleh PDIP sebagai cawapres Ganjar.

“Pak TGB juga punya pengalaman, beliau memimpin NTB cukup bagus. Beliau juga seorang intelek dan komunikasinya bagus,” ujar Djarot, Selasa (13/6).

Tetapi ia enggan memberi tahu kapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengambil keputusan calon wakil presiden untuk Ganjar.

“Ini kan banyak sekali ya tokoh-tokohnya, ini akan kita invetarisasi kemudian dikaji satu per satu. Kemudian kapan keputusannya? Ya nanti kita lihat, ya jadi bagus aja,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar