Wapres Ma’ruf Amin: Papua Merdeka Bukan Opsi

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan bahwa Papua merdeka bukanlah opsi yang dapat dipertimbangkan. Lebih lanjut, Wapres akan segera memindahkan kantornya ke Papua mulai tanggal 4 September 2023 untuk secara aktif mengatasi isu-isu kesejahteraan dan keamanan di wilayah tersebut.

Saat ini, sejumlah kelompok, termasuk Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), terus mengancam keamanan dan berjuang untuk kemerdekaan Papua.

Wapres menekankan bahwa untuk mengatasi masalah kesejahteraan dan keamanan, tindakan harus diambil di lokasi yang membutuhkan perhatian. Sebelumnya, Wapres menyatakan bahwa hanya ada enam wilayah yang memiliki potensi konflik di Papua.

Jadi, kita akan menggaruk yang gatal. Kita akan tanya yang gatal di mana. Jangan sampai kita yang gatal di mana, yang digaruk di mana, sehingga tidak menyelesaikan persoalan. Kecuali merdeka. Merdeka tidak ada pilihan. Tapi selain itu kita bisa dialogkan dan kita cari solusinya untuk Papua, orang Papua, dan untuk Papua,” ujar Wapres dalam pernyataannya setelah menghadiri acara di Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (26/8/2023).

Baca juga: Wapres Tindaklanjuti Kekeringan dan Kelaparan yang Melanda Papua Tengah

Wapres juga mengungkapkan bahwa ini bukan kunjungannya yang pertama ke Papua.

“Saya telah mengunjungi Papua dua kali sebelumnya. Pertama, selama lima hari, dan yang kedua, selama satu minggu berkeliling di Papua. Dan ini adalah kunjungan ketiga saya,” ungkapnya.

Kali ini, pemerintah berusaha untuk mendengarkan berbagai pandangan dari berbagai pihak, termasuk tokoh agama, pemimpin adat, pemerintah daerah, kaum perempuan, dan pemuda, dengan tujuan membangun dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di Papua.

“Kali ini, fokus saya lebih pada mendengarkan. Saya ingin mendengarkan pandangan dari berbagai pihak, termasuk pemimpin agama, tokoh adat, pemerintah daerah, perwakilan wanita, pemuda, dan orang-orang lokal. Kami akan mendengarkan segala aspek yang dapat membantu kami menyelesaikan masalah di sana,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar