Warga Baduy Gelar Simulasi Pemilu 2024

LebakKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2024 di perkampungan Baduy, tepatnya di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Minggu, (24/12/2023).

Proses simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata tentang apa yang akan terjadi selama proses tungsura dengan melibatkan 273 pemilih tetap di TPS 01 Desa Kanekes Baduy.

Ni’matullah, Ketua KPU Lebak, menyampaikan bahwa dalam simulasi ini, warga Baduy terlibat aktif dengan menyerahkan surat panggilan kepada petugas KPPS, menerima surat suara, mencoblos di bilik suara, memasukkan surat suara ke dalam kotak suara, dan terakhir mencelupkan jari ke tinta yang disediakan.

“Alhamdulillah hari ini KPU Lebak bisa melakukan simulasi di sini. Kita lakukan secara riil sesuai dengan aslinya, proses pemungutan dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB,” ujarnya saat berada di Baduy.

Menurut Ni’matullah, simulasi Pemilu 2024 sangat penting untuk memahami kondisi di tempat pemungutan suara (TPS). Melalui simulasi ini, KPU dapat mengidentifikasi kendala dan kekurangan yang perlu diperbaiki.

Baca juga: KPU Lebak Gandeng Polres Jaga 24 Jam Gudang Logistik Pemilu 2024

“Simulasi ini menjadi bagian dari sosialisasi kita, terutama bagi masyarakat di Desa Kanekes. Di sini bisa dilihat apa saja yang kurang dan harus diantisipasi,” tambahnya.

Ni’matullah berharap pelaksanaan Pemilu 2024, khususnya pemungutan dan penghitungan suara, dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk masyarakat yang antusias dalam simulasi, serta KPPS yang merupakan ujung tombak dari seluruh tahapan Pemilu.

Warti, seorang warga Baduy di Kadu Ketug, menyampaikan bahwa ia mengalami kesulitan mencari nama calon anggota DPR, DPRD, dan DPD pilihannya.

“Iya sudah ikut simulasi, tapi tadi ada susah waktu mencari dan melipat. Tapi semua dicoblos. Udah, udah punya pilihan,” ucapnya.

Simulasi yang digelar oleh KPU Lebak ini merupakan langkah awal untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Baduy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *