Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengungkapkan berbagai persiapan untuk menghadapi lonjakan aktivitas transportasi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025.
Direktur Utama ASDP, Heru Widodo, dalam media gathering hari ini, menegaskan pentingnya koordinasi lintas sektor dan peningkatan layanan untuk memastikan kelancaran perjalanan masyarakat.
Menurut Heru Widodo, ASDP memproyeksikan peningkatan signifikan jumlah penumpang dan kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya.
BACA JUGA:Â Jadi Penghambat Pembangunan, Dirut ASDP Tegaskan Komitmen Lawan Korupsi
“Tahun ini, diperkirakan ada 3.032.000 penumpang, naik dari tahun lalu, serta 769.000 kendaraan. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah trip kami menjadi lebih dari 14.000 perjalanan,” jelas Heru kepada wartawan, Selasa (17/12/2024).
Untuk mengakomodasi lonjakan ini, ASDP telah menyiapkan tambahan armada, petugas operasional, serta berkoordinasi dengan pengelola pelabuhan dan instansi terkait, seperti Kementerian Perhubungan dan kepolisian.
Antisipasi Cuaca Ekstrem
Heru juga mengingatkan masyarakat untuk terus memantau informasi cuaca dari BMKG.
“BMKG memprediksi cuaca ekstrem hingga awal Januari 2025. Masyarakat perlu mempersiapkan diri, baik kendaraan maupun kondisi fisik, saat melakukan perjalanan jauh,” ujarnya.
Terkait pembelian tiket, ASDP tetap mengutamakan layanan online melalui platform Ferizy. Heru memastikan, meski ada kebijakan PPN baru yang mulai berlaku 5 Januari 2025, pihaknya belum berencana menaikkan harga tiket.