Analisis Sentimen Twitter dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024

Pendahuluan

Pada Minggu, 4 Februari 2024, debat kelima calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum 2024 menyita perhatian publik. Melalui utas diakun X/Twitter @ismailfahmi (Founder Drone Emprit), kita dapat melihat bagaimana peta percakapan, sentimen, dan narasi berkembang selama debat. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan hasil analisis dengan fokus pada topik-topik utama seperti volume percakapan, sentimen, dan pandangan terhadap masing-masing capres.

Metodologi Analisis

Dalam melaksanakan analisis, sumber utama yang digunakan adalah Twitter/X dengan rentang waktu analisis pada tanggal 4 Februari 2024, pukul 19:00 hingga 22:00. Keywords tertentu digunakan untuk memperoleh data yang relevan.

Sumber: akun X/ismailfahmi.
Volume Percakapan

Selama periode analisis, Anies Baswedan menjadi fokus utama percakapan dengan 160,426 mention (45%), diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 100,554 mention (28%), dan Ganjar Pranowo dengan 95,276 mention (27%).

Sumber: X/ismailfahmi
Analisis Sentimen

Melalui analisis sentimen menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang kemudian diperiksa oleh annotator manusia, ditemukan bahwa sentimen positif terhadap Anies Baswedan mencapai 86%, sedangkan Prabowo Subianto memiliki sentimen positif sebesar 43%, dan Ganjar Pranowo mencapai 72%.

Sumber: X/Ismailfahmi
Analisis Jaringan Sosial (SNA)

Dalam jaringan sosial Anies Baswedan, terlihat satu klaster besar berwarna hijau menandakan sentimen positif. Sementara itu, Prabowo Subianto memiliki klaster besar berwarna merah (sentimen negatif), dan Ganjar Pranowo memiliki klaster besar berwarna hijau menandakan sentimen positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *