SMRC: Dukungan Anies-Cak Imin 16,5 Persen Lebih Rendah dari Ganjar-Prabowo

Jakarta – Pasca-deklarasi Anies-Cak Imin, survei terbaru dari SMRC yang dirilis Kamis, (14/9/2023) menunjukkan perkembangan penting dalam dukungan pemilih terhadap tiga pasangan calon yang bersaing.

Dukungan Pasangan Calon

Dalam simulasi tiga pasangan calon, Anies-Muhaimin mendapatkan dukungan sebesar 16,5 persen dari responden.

Sementara Prabowo-Erick memperoleh 31,7 persen, dan Ganjar-Ridwan Kamil mendominasi dengan 35,4 persen. Terdapat 16,4 persen responden yang belum memberikan jawaban.

Perubahan Dukungan Sejak Awal

Sebelum Anies berduet dengan Cak Imin, saat ia masih didukung oleh Nasdem, PKS, dan Demokrat, perolehan suaranya berada di sekitar 20 persen, yang sama dengan perolehan tiga partai pendukungnya.

Namun, sekarang, dukungan untuk Anies-Muhaimin sekitar 16 persen, mencerminkan dukungan dari dua partai tersebut.

Baca juga: Survei Voxpol: Sandiaga Uno Teratas dalam Bursa Cawapres

Kekuatan Dukungan

Prof. Saiful Mujani mengamati bahwa data ini menunjukkan bahwa Anies tidak memiliki dukungan independen, melainkan bergantung pada pemilih dari partai pendukungnya. Dalam hal ini, Anies tidak membawa efek ekor jas.

Perubahan Dukungan dari Pemilih Demokrat dan PKB

Survei ini juga mengungkapkan pergeseran dukungan pemilih. Pemilih Demokrat yang memilih Anies saat ini hanya sekitar 22 persen, menunjukkan perubahan yang cepat dalam dukungan pemilih Demokrat terhadap Anies.

Sementara itu, hanya sekitar 20 persen pemilih PKB yang saat ini memilih Anies, mengindikasikan potensi bahwa pemilih PKB belum sepenuhnya mengikuti manuver elit partai mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *