Tips Hindari Kolesterol Tinggi Selama Idul Adha

RUANGBICARA.co.id – Perayaan Idul Adha merupakan momen paling dinantikan umat Islam dunia khususnya Indonesia. Momen tersebut tak lain jadi ajang silaturahmi antar keluarga, tetangga, sanak saudara dan lain-lain dengan menyantap hidangan daging qurban berbagai macem masakan.

Namun, harus tetap berhati-hati agar tak terjadi risiko kolesterol tinggi selama mengkonsumsi daging pada perayaan Idul Adha.

Kesehatan tubuh seperti jantung dan pembuluh darah dapat terganggu, jika mengkonsumsi daging yang meningkatkan kolesterol berlebih dalam tubuh. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips untuk anda mengindari kelebihan kolesterol akibat makan daging selama Idul Adha.

Baca juga: Unik! Perayaan Idul Adha di Berbagai Daerah Indonesia

Berikut Tipsnya:

  1. Tips pertama, sebelum mengkonsumsi daging, pilih daging yang rendah lemak seperti daging tanpa lemak atau potong daging dengan lemak yang sedikit. Hindari daging dengan lemak yang terlihat menempel di sekitar potongannya. Karena lemak jenuh dalam daging dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Tips kedua, sebelum memasak dan mengkonsumsi daging lemak terlihat harus dipastikan dibuang. Potong bagian lemak yang menempel pada daging sebelum dimasak. Hal ini membantu anda untuk mengurangi asupan peningkatan kolesterol dalam tubuh.
  3. Tips ketiga, masak daging dengan metode yang sehat. Misalnya seperti merebus daging, memanggang atau mengukus daging agar lebih sehat dan hinda menggoreng atau mengolah daging. Cara ini dapat mengurangi asupan lemak tambahan dalam proses memasak.
  4. Tips keempat, selain konsumsi daging anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dalam menu masakan. Misal seperti brokoli, wortel, bayam, dan kacang-kacangan tinggi serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sertakan sayuran dalam hidangan Anda sebagai pelengkap daging qurban.
  5. Tips kelima atau terakhir, dalam mengkonsumsi daging kamu harus membatasi porsi dalam mengkonsumsi daging. Terutama jika kamu memiliki riwayat kolesterol tinggi atau masalah kesehatan lainnya. Mending daging tersebut kamu bagikan kepada keluarga, tetangga, atau menyumbangkannya kepada yang membutuhkan.

Jadi, selama perayaan Idul Adha jangan sampai kesehatan tubuh kita terganggu dengan banyaknya mengkonsumsi daging. Penting, untuk mengindari kelebihan kolesterol yang akan mengganggu kesehatan tubuh anda.

Semoga tips dan langkah-langkah yang kami berikan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang masih bersuka cita dalam merayakan Idul Adha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *