Waspada! Penipuan Online Modus Lowongan Kerja Paruh Waktu

Jakarta – Saat ini, tengah marak penipuan dengan dalih lowongan pekerjaan paruh waktu lewat aplikasi komunikasi di smartphone.

Maraknya kasus penipuan tersebut membuat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kegiatan Izin Usaha di Sektor Keuangan mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Pelaku biasanya membujuk korban untuk melakukan aktivitas “like” dan “subcribe” atas suatu konten digital seperti konten di Youtube,” ungkap Sekretaris Satgas Penanganan Kegiatan Usaha Tanpa Izin di Sektor Keuangan (Satgas) Hudiyanto dalam keterangan resmi, Sabtu (8/7/2023).

“Atas kegiatan tersebut, korban akan menerima pembayaran dengan nominal tertentu,” lanjutnya.

Baca juga: Sempat Buron, Si Kembar Penipu Akhirnya Ditangkap

Biasanya, setelah itu, korban memang akan diberikan insentif awal. Kemudian korban akan diminta untuk melakukan tugas lainnya yang tentunya dengan iming-iming penghasilan yang lebih besar.

Namun, untuk bisa melanjutkan tugas tersebut, korban harus melakukan deposit sejumlah dana terlebih dahulu dan dijanjikan akan dikembalikan tepat waktu.

Setelah korban melakukan deposit, pelaku akan kabur dan tidak bisa dihubungi kembali.

“Pemberantasan terhadap tawaran kegiatan ilegal sangat membutuhkan dukungan dan peran serta dari masyarakat, yaitu sikap kehati-hatian dan kewaspadaan dalam menerima tawaran dari pihak yang tidak bertanggung-jawab,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *