Diduga Korupsi, KPK Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Hari Ini

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan hari ini Jum’at (16/6/2023), akan dimintai keterangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mentan Syahrul Yasin Limpo terkait klarifikasi adanya dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Ali Fikri Kabag Pemberitaan KPK memberikan keterangan pada Kamis (15/6/2023) bahwa Yasin Limpo dijadwalkan untuk hadir Jum’at.

“Benar, dijadwalkan untuk hadir besok Jumat (16/6) jam 09.30 WIB, di Gedung Merah Putih KPK,” ujarnya

Surat undangan klarifikasi sudah dilayangkan kepada Syahrul Yasin Limpo dan ia berharap Syahrul Yasin Limpo bisa hadir dan kooperatif terhadap proses hukum.

“Informasi yang kami peroleh, surat sudah dikirimkan ke yang bersangkutan. Kami berharap yang bersangkutan bisa hadir memenuhi undangan dimaksud,” kata Ali.

Sebelumnya, Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengaku pihaknya sedang menyelediki terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

“Saat ini masih proses lidik (penyelidikan),” ujarnya, Rabu (14/6/2023).

Informasi tersebut berdasarkan pada awal 2023 penyelidikan dimulai dan diduga menyeret pejabat tinggi di Kementan. Usut punya usut dugaan kasus ini terkait penyalahgunaan pertanggungjawaban dana di kementerian pertanian.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri terkait penyelidikan kasus ini. Ia juga menyebut tim lembaga antirasuah sudah meminta klarifikasi beberapa pihak.

“Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI,” kata Ali, Rabu (14/6/2023).

Ali menuturkan kasus ini berawal dari adanya laporan dari masyarakat yang diterima KPK dan kemudian di-follow up secara lanjut dengan proses penegakan hukum.

“Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya,” kata Ali.

Dalam melaksanakan proses penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak terpengaruh dengan tuduhan politis tersebut.

“Dari awal kami pun sangat sadar, semua yang dikerjakan KPK saat ini akan selalu dikaitkan dengan politik, tapi kami tak akan terpengaruh,” tegasnya.

Ia memaklumi kinerja lembaga antirasuah selalu dikait-kaitkan dengan hal politis karena sudah memasuki tahun politik 2024. Akan tetapi, Ali meminta masyarakat menghentikan narasi KPK politis.

(np/np)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar