Jadi Ajang Kolaborasi Pemerintah dan Swasta, Indosolar Expo Resmi Digelar 

JakartaIndosolar Expo 2023 telah resmi dibuka, di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa, (25/7/2023).

Kegiatan ini menjadi ajang kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan penggiat masyarakat dalam mempercepat energi terbarukan, terutama tenaga surya.

Hadir dalam acara, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, bersama Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier dan Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa. Mereka bersama-sama secara simbolis meresmikan acara yang berlangsung pada 25-26 Juli 2023.

Dadan menilai Indosolar Expo 2023 sangat baik

Dalam sambutannya, Dadan menilai Indosolar Expo 2023 sangat baik karena melibatkan kerja sama antara pemerintah, stakeholders swasta, dan asosiasi yang memberikan kritik konstruktif.

“Indosolar Expo 2023 ini sangat baik sekali karena terselenggara atas kerjasama antar pemerintah, stakeholder dan asosiasi yang memberikan kritik. Ini sangat jarang sekali,” ujar Dadan.

Pemerintah tengah merevisi Peraturan Menteri ESDM

Saat ini, pemerintah tengah merevisi Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2021 tentang PLTS atap dengan menghilangkan net metering yang dipermasalahkan.

“Dalam Permen baru nanti tidak akan ada lagi net metering yang dipermasalahkan dalam energi surya atap,” lanjutnya.

Ketua Umum AESI, Fabby Tumiwa, menekankan pentingnya memperkuat industri PLTS nasional. Hal ini dapat dicapai melalui kolaborasi antara pemerintah dan stakeholders.

“Indosolar Expo 2023 bertujuan memperkuat industri PLTS nasional. Kolaborasi antar pemerintah, stakeholder dan AESI seperti dalam Indosolar Expo ini dibutuhkan dalam memperkuat industri PLTS nasional,” ungkap Fabby.

Baca juga: U-Solar 2.0: UOB Indonesia Dukung Kembangkan Tenaga Surya

Acara ini mencakup pameran, seminar, pelatihan, lokakarya, site visit, networking dinner, dan penghargaan. EBTKE, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan pemerintah lainnya mendukung expo ini.

Tujuan melibatkannegara-negara anggota ASEAN

Tujuannya adalah melibatkan pengambil kebijakan dari Indonesia, negara-negara anggota ASEAN, dan negara sahabat.

Para pengunjung yang berminat dapat mendaftar melalui https://indosolarexpo.com untuk menyaksikan keseruan acara Indosolar Expo 2023 dengan tema “Advancing Indonesia and ASEAN Solar Leadership for Accelerated Energy Transition“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar